Cek Disini! Jasa Taman Kediri Terpercaya 2024

Cari Jasa Taman Kediri? Hubungi PT Obaho Turdunga Berka 08113035003. Melayani Pembuatan dan Perawatan Taman Bergaransi. Konsultasi biaya, desain dan survey gratis. 

Obaho Kontraktor Jasa Pembuatan Taman

Jasa TamanProfil : https://tamanlandscape.id/

Kami memahami bahwa memiliki taman yang indah dan terawat dengan baik bisa menjadi hal yang membingungkan dan memakan waktu, tapi jangan khawatir karena kami siap membantu Anda.

Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, kami akan memberikan pelayanan terbaik yang dapat membantu Anda menghemat waktu, uang, dan tenaga.

Dengan menggunakan teknologi terkini dan bahan berkualitas tinggi, kami akan membantu Anda menciptakan taman yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, kami juga menawarkan layanan perawatan taman berkala untuk memastikan taman Anda selalu terlihat indah dan sehat.

Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk memulai pembuatan taman impian Anda. Kami siap memberikan konsultasi gratis dan menawarkan solusi terbaik untuk kebutuhan taman Anda.

Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan penawaran menarik dan promosi khusus untuk pembuatan taman Anda!

Portofolio Jasa Taman Kediri – PT Obaho Turdunga Berka

Beberapa Taman Yang pernah dikerjakan :

Taman Brantas Kediri

Jasa Taman Kediri

Hutan Joyoboyo Kediri

Jasa Taman Kediri

Taman Masjid Syekh Zayed Solo

Jasa Taman Kediri

Taman Bendungan Semantok Nganjuk

Jasa Taman Kediri

Taman Mall Pelayanan Sragen

Jasa Taman Kediri

Tahapan Pembuatan Taman – Jasa Taman Kediri

Taman adalah sebuah tempat di rumah yang bisa memberikan suasana segar, alami, dan indah. Namun, membuat taman tidak selalu mudah dan membutuhkan beberapa tahapan agar bisa memiliki taman yang sesuai dengan impian Anda. Berikut adalah panduan lengkap tentang tahapan pembuatan taman yang bisa Anda ikuti.

Survey Lokasi

Survey lokasi dilakukan untuk mengetahui model dan desain yang dikehendaki oleh calon pemesan. Disamping itu juga dilakukan pengukuran lahan serta budget sesuai dengan permintaan. Apabila sudah tercapai kesepakatan, baru dilakukan langkah awal pembuatan taman

Anggaran Taman, Landscape maupun Ruang Terbuka Hijau biasanya bersifat fleksibel dan tidak ada harga baku

Perencanaan

Tahap pertama dalam membuat taman adalah perencanaan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa taman yang akan dibuat sesuai dengan keinginan Anda dan dapat berfungsi dengan baik.

Kontraktor Taman Kediri mertimbangkan ukuran taman, jenis tanaman yang ingin ditanam, dan desain taman. Selain itu, perhatikan juga faktor seperti lingkungan sekitar, iklim, dan anggaran yang tersedia.

Dalam perencanaan, Jasa taman kediri memperhitungkan banyak aspek seperti : Tujuan pembuatan, analisa situasi, desain, perhitungan waktu dan biaya, jenis tanaman, pembuatan jalur, proyeksi sudut pandang dan pemilihan material.

Perencanaan Landscape Luas dan Ruang Terbuka Hijau

Untuk Pekerjaan Landscape maupun Ruang Terbuka Hijau Yang Lebih Luas, perencanaannya sangat kompleks, meliputi :

Membuat Denah Lokasi

Dalam pembuatan denah, hal yang perlu diperhatikan adalah membentuk pola. Tahap pertama yang dilakukan untuk membuat denah adalah membuat pola. Ada beberapa jenis pola yang bisa digunakan Tukang Taman Kediri

Pola tersebut antara lain : 1. Pola geometris yaitu garis – garis pembangian bidang yang ditanami terlihat tegas dan formal. 2. Pola geometris alami yaitu garis – garis bidang lebih luwes dengan lengkungan dimana – mana. 3.

Pola natural yaitu pola ini mengadaptasi lahan kebun yaitu mengikuti kontur tanah yang ada dan besar kecilnya bidang yang tersedia.

Membentuk Perspektif

Setelah membuat pola, barulah penataan taman menggunakan perspektif dari beberapa sudut pandang secara lengkap yang meliputi komposisi tinggi – rendah, jenis dan warna tanaman

serta aspek – aspek taman lain seperti pergola, gazebo, kolam air, dan aksesoris taman lainnya.

Menentukan Warna dan Tekstur

Warna dari suatu tanaman dapat menimbulkan efek visual tergantung pada refleksi cahaya yang jatuh pada tanaman tersebut. Warna tanaman dapat menarik perhatian manusia, binatang dan mempengaruhi emosi yang melihatnya.

Efek Psikologi yang ditimbulkan oleh warna antara lain : 1. Warna cerah : memberi rasa senang, gembira dan kesan dekat, hangat. 2. Warna lembut : memberi rasa tenang, sejuk dan kesan jauh.

Sedangkan tekstur pada tanaman ditentukan oleh cabang batang, ranting, daun, tunas dan jarak pandang terhadap tanaman tersebut. Tekstur juga mempengaruhi pisikis dan fisik yang memandang.

Developer Taman Kediri memahami warna menyangkut segi sifat, gradasi dan kombinasi. Pada dasarnya terdapat dua kelompok warna, yaitu warna – warna sejuk seperti hijau dan biru, dan warna hangat seperti merah dan jingga. ( Don WS, Threes Emire, Cherry Hadibroto, 2004 ).

Mengerjakan Konstruksi Taman

Pengerjaan konstruksi taman terdiri dari :

Pembuatan Drainase

Drainase ( sistem penyerapan air ) yang berfungsi baik merupakan awal dari kesuburan tanaman – tanaman taman. Tanah yang cenderung selalu basah cenderung menyebabkan akar – akar tanaman cepat membusuk.

Sedangkan tanah yang kering cenderung kurang memiliki unsur – unsur hara sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik.

Sebuah taman yang luas dapat dengan mudah diatur kelandaian atau kemiringan permukaan tanahnya untuk diarahkan ke satu sisi pembuangan.

Dengan demikian, air penyiraman yang berlebih atau curah hujan yang sudah tidak mampu diserap tanah lagi akan segera mengalir ke saluran pembuangan ( got ).

Memasang Instalasi Air Listrik

Pemasangan instalasi air digunakan untuk membersihkan dedaunan di pohon yang tinggi dan menyiram tanaman – tanaman disekitarnya. Pipa air sebaiknya dipasang menempel pada tembok dan diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu pemandangan.

Sama halnya dengan saluran air, instalasi listrik idealnya dipasang sebelum penanaman dengan menentukan letak lampu taman yang telah direncanakan, letak sakelar yang dapat terlindung dari percikan air ketika penyiraman atau hujan,

dan jaringan kabel yang akan ditanam agar tidak terinjak.

Pembuatan Pori Resapan

Biopori adalah lubang – lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktifitas organisme didalamnya seperti cacing, perakaran tanaman, rayap dan fauna tanah lainnya.

Lubang – lubang yang terbentuk akan terisi udara dan akan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah. Lubang resapan biopori adalah teknologi tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengatasi banjir dengan cara :

  • Meningkatkan daya resapan air;
  • Mengubah sampah orgaik menjadi kompos dan mengurangi emisi gas rumah kaca;
  • Memanfaatkan peran aktifvitas fauna tanah dan akar tanaman;
  • Mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh genangan air seperti penyakit demam berdarah dan malaria.

Persiapan Tanah dan Lapisan

Setelah perencanaan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan tanah. Pastikan tanah yang akan digunakan subur dan memiliki kualitas yang baik. Jika tanah di sekitar rumah tidak memenuhi kriteria ini, maka Anda bisa menggunakan campuran tanah, kompos, dan pupuk untuk memperbaiki kualitas tanah.

Pembuatan jalur dan pondasi juga dilakukan untuk mempersiapkan taman sesuai tujuan.

Baca : Pemborong Taman Kediri

Pemilihan Tanaman

Setelah mempersiapkan tanah, langkah selanjutnya adalah memilih tanaman yang ingin ditanam. Pertimbangkan jenis tanaman yang cocok untuk iklim dan lingkungan sekitar. Jangan lupa juga untuk memilih tanaman yang sesuai dengan ukuran taman dan desain taman yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Pembuatan Desain Taman

Setelah memilih tanaman, langkah selanjutnya adalah membuat desain taman yang sesuai dengan impian Anda. Anda bisa mencari inspirasi dari buku atau internet untuk mendapatkan ide desain yang menarik dan sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan desain taman yang dibuat mempertimbangkan penempatan tanaman, jenis tanaman, dan fitur taman seperti kolam atau batu hias.

Pemilihan Peralatan Taman

Setelah membuat desain taman, langkah selanjutnya adalah memilih peralatan taman yang diperlukan untuk membangun taman. Peralatan yang dibutuhkan biasanya terdiri dari alat gali, sabit, gunting, pisau pemangkas, dan sebagainya. Pastikan peralatan yang digunakan dalam kondisi yang baik dan siap digunakan.

Pembangunan Taman

Setelah mempersiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah membangun taman sesuai dengan desain yang telah dibuat. Pastikan setiap tanaman ditanam pada posisi yang tepat, dan fitur-fitur taman lainnya dibangun dengan baik.

Perawatan Taman

Setelah pembangunan taman selesai, jangan lupa untuk merawat taman secara berkala. Pastikan untuk menyirami tanaman secara teratur, membersihkan dedaunan kering, dan memberikan pupuk pada tanaman yang ditanam.

Elemen Taman – Jasa Taman Kediri

Secara Umum, Elemen taman Jasa Taman Kediri ada 5 yaitu

  1. Tanaman. Tanaman adalah unsur utama yang dapat kita temukan di taman. Tanaman memberikan warna dan kehidupan bagi taman. Ada banyak jenis tanaman yang dapat ditanam di taman, mulai dari bunga hias, sayuran, buah-buahan, dan tanaman obat. Tanaman yang indah dan sehat akan membuat taman terlihat lebih menarik dan segar.
  2. Batu. Batu adalah unsur penting lainnya yang dapat kita temukan di taman. Batu dapat digunakan untuk membuat jalan setapak, dinding, atau bahkan patung. Batu yang ditempatkan dengan benar dapat memberikan sentuhan alami dan estetika yang menarik pada taman.
  3. Air. Air adalah unsur penting lainnya dalam taman. Air dapat memberikan keindahan alami dan menenangkan bagi taman. Ada banyak cara untuk menambahkan air ke taman, seperti dengan membuat kolam ikan, air terjun, atau bahkan sebuah air mancur. Air juga dapat menambah kelembaban di taman, yang akan membantu tanaman tumbuh lebih baik.
  4. Furnitur. Furnitur adalah unsur yang tidak boleh terlewatkan dalam taman. Furnitur dapat memberikan kenyamanan bagi orang yang mengunjungi taman, seperti bangku, meja, kursi, atau gazebo. Furnitur juga dapat memberikan sentuhan estetika yang menarik pada taman.
  5. Penerangan. Penerangan adalah unsur terakhir yang dapat kita temukan di taman. Penerangan dapat memberikan nuansa romantis dan menenangkan di taman. Ada banyak cara untuk menambahkan penerangan di taman, seperti dengan lampu taman, lilin, atau bahkan lampu hias. Penerangan juga akan membantu memperpanjang waktu kita untuk menikmati taman, terutama pada malam hari.

Dalam membuat sebuah taman, Jasa Taman Kediri harus memperhatikan semua unsur di atas. Sebuah taman yang baik harus memiliki tanaman yang sehat dan indah, batu yang dipilih dengan baik, air yang menenangkan, furnitur yang nyaman, dan penerangan yang cukup.

Dengan semua unsur ini, taman kita akan menjadi tempat yang nyaman dan indah untuk dihabiskan waktu luang.

Elemen Taman Landscape Luas dan Ruang Terbuka Hijau

Pada perencanaan lansekap pada dasarnya Jasa Pembuatan Taman Kediri menjadi dua elemen. Elemen tersebut antara lain

Elemen keras (hard material) Elemen keras adalah elemen yang terdiri dari bermacam – macam benda lain yang lebih keras dari pada tanaman. Elemen keras terdiri dari :

  • Gazebo Kata gazebo berasal dari bahasa inggris yakni dari kata to gaze yang artinya memandang dengan takjub. Gazebo berfungsi sebagai tempat bersantai sambil menikmati keindahan sebuah taman. Ukuran gazebo berkisar + 2 x 2 m untuk menampung 4 – 5 orang. Gazebo bisa menggunakan lantai ubin, bata merah, sekedar plasteran semen yang dihias khusus dengan batu – batu kerikil, atau dapat juga dengan kayu. Tiang penyanggah bisa dipilih dari besi, kayu, atau bambu atau beton. Sedangkan atapnya bisa berupa genteng, asbes, sirap, ijuk, daun kelapa kering, atau ilalang.
  • Jalan Setapak Jalan setapak dapat berupa deretan batu lempeng yang ditata menjadi batu loncatan dan dapat juga berupa jalan sempit yang ditaburi kerikil hias. Fungsi jalan setapak dalam taman adalah untuk tempat berpijak dan jalur pemisah antara dua bagian taman. Jalan setapak perlu dirancang matang sebelumnya agar menjadi satu elemen yang sangat menarik dan menambah keindahan taman. Jalan setapak dapat dibuat dari batako, bata merah, atau keramik dengan tekstur agak kasar. ( Don WS, Threes Emire, Cherry Hadibroto, 2004 ).
  • Pergola Pergola berasal dari kata pergere ( bahasa Itali ) yang artinya berjalan atau melanjutkan, yang diwujudkan sebagai lorong panjang dan tembus pandang. (Don WS, Threes Emire, Cherry Hadibroto, 2004). Pergola berfungsi sebagai peneduh pada taman sehingga menimbulkan kesan kokoh dari sebuah pintu gerbang atau pagar tembok. Pergola tidak selalu ditanami dirambati tanaman. Pergola yang dibuat dari besi dan diberi cat anti karat jauh lebih kokoh dan tahan lama dibandingkan yang terbuat dari kayu. Ada desain pergola yang tidak menggunakan tiang melainkan menempel di dinding. Tetapi bila menggunakan tiang perlu diperhatikan bentang pergola.

Lapisan Tanah

No. Tipe Lapisan Keuntungan Kerugian
1 Rumput Permaukaan lunak, ideal untuk banyak tujuan permainan, biaya awal Tidak dapat digunakan dalam cuaca basah, sulit dipelihara
2 Tanah Asli Biaya awal rendah, permukaan lunak Berlumpur dalam cuaca basah, berdebu dalam cuaca kering
3 Pasir-lempung dan pasir kerikil Murah bila tersedia bahan yang cocok, permukaan cukup lunak Sulit untuk memperoleh perbandingan campuran yang memadai
4 Perkerasan blok-batu diatas pasir atau tanah asli Biaya rendah bila menggunakan perkerasan yang lama, penampilan memuaskan tahan lama Biaya awal relatif tinggi Permukaan terlalu keras untuk digunakan sebagai tempat bermain, biaya perawatan relatif tinggi
5 Slab beton percetakan diatas pasir tanah asli Utilitas sepanjang tahun, penampilan memuaskan  
6 Flagstone diatas pasir atau tanah asli Utilitas sepanjang tahun, penampilan memuaskan, tahan lama
  Beton aspal Permukaan baik untuk sebagian besar tujuan tempat bermain bila dispesifikasi dan dihamparkan dengan memadai, tidak terlalu keras Kasar dan abrasif kecuali bila dispesifikasi dan dibangun dengan memadai, panas untuk kaki telanjang, tidak menarik untuk di daerah yang luas

Jenis Taman Landscape – Jasa Taman Kediri

Model taman rumah yang sesuai dengan gaya rumah Anda dapat memberikan harmoni yang sempurna antara rumah dan taman. Ada banyak model taman yang dapat dipilih, mulai dari taman minimalis hingga taman tropis yang lebat.

Namun, sebelum memilih model taman, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh Jasa Taman Kediri

Pertama, ukuran taman yang tersedia. Ukuran taman yang kecil dapat membatasi jenis tanaman dan aksesori yang dapat dipilih. Sedangkan, taman yang lebih besar dapat memungkinkan Anda untuk memilih berbagai jenis tanaman dan membuat desain yang lebih kompleks.

Kedua, gaya rumah. Gaya rumah yang dimiliki dapat menjadi pedoman untuk memilih model taman yang sesuai. Misalnya, rumah dengan gaya minimalis akan cocok dengan model taman yang simpel dan modern, sedangkan rumah dengan gaya klasik akan cocok dengan model taman yang lebih berbentuk melengkung dan memiliki elemen-elemen klasik.

Ketiga, iklim dan kondisi lingkungan sekitar. Kondisi iklim dan lingkungan sekitar dapat mempengaruhi jenis tanaman dan aksesori yang dapat dipilih untuk taman. Misalnya, jika wilayah Anda memiliki iklim yang kering, maka memilih tanaman yang tahan kekeringan akan menjadi pilihan yang tepat.

Setelah mempertimbangkan hal-hal tersebut, berikut adalah beberapa model taman yang dapat dipilih untuk rumah Anda.

Taman Minimalis

Model taman minimalis menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Model ini cenderung menggunakan elemen-elemen yang simpel dan modern, seperti tanaman pot dan hiasan batu alam. Taman minimalis cocok untuk rumah dengan gaya modern dan minimalis.

Taman Jepang

Model taman Jepang sangat cocok untuk rumah dengan gaya tradisional atau modern yang ingin memberikan nuansa eksotis dan menenangkan. Taman Jepang biasanya menggunakan elemen-elemen seperti batu alam, air terjun, dan tanaman bonsai.

Taman Mediterania

Taman Mediterania cocok untuk rumah dengan gaya Mediterania atau Mediterania modern. Model Jasa Taman Kediri ini menggunakan tanaman yang berasal dari daerah Mediterania, seperti lavender dan bougainvillea. Selain itu, taman Mediterania juga menggunakan elemen-elemen seperti patung, air mancur, dan batu alam.

Taman Vertikal

Jika Anda memiliki lahan yang sempit atau tidak memiliki lahan sama sekali, maka model Jasa Taman Kediri untuk taman vertikal dapat menjadi pilihan yang tepat. Model ini menggunakan dinding atau pagar sebagai media untuk menanam tanaman, sehingga dapat membuat tampilan rumah lebih segar dan menarik.

Taman Bunga

Taman bunga adalah jenis taman yang paling populer dan mudah ditemukan di berbagai tempat di dunia. Taman bunga biasanya ditanami dengan berbagai jenis bunga yang berwarna-warni, seperti mawar, bunga matahari, lavender, dan banyak lagi. Taman bunga dapat diatur dengan berbagai macam desain, mulai dari taman bunga modern hingga taman bunga yang klasik.

Taman Buatan

Taman buatan adalah jenis taman yang dibuat dengan bantuan teknologi dan bahan-bahan buatan manusia, seperti batu-batu hias, air mancur, atau patung. Taman buatan biasanya memberikan tampilan yang lebih eksotis dan artistik dibandingkan taman alami.

Taman Kaktus

Taman kaktus menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Taman kaktus merupakan pilihan yang ideal bagi Anda yang memiliki waktu yang sedikit untuk merawat taman, karena kaktus dikenal sebagai tumbuhan yang mudah dirawat dan tahan terhadap cuaca yang panas dan kering. Taman kaktus juga dapat memberikan tampilan yang unik dan menarik untuk taman rumah Anda. Jasa Taman Kediri

Taman Air

Taman air adalah jenis taman yang terdiri dari kolam renang, air mancur, atau air terjun. Taman air memberikan suasana yang menenangkan dan menyegarkan pada taman rumah Anda. Selain itu, taman air juga dapat memberikan nilai estetika yang tinggi pada taman rumah Anda.

Taman Rawa

Taman rawa adalah jenis taman yang menyerupai rawa-rawa alami yang ditemukan di alam liar. Taman rawa biasanya ditanami dengan jenis tumbuhan yang tumbuh di daerah rawa, seperti paku-pakuan, bambu, dan anggrek liar. Taman rawa memberikan suasana yang alami dan hijau pada taman rumah Anda.

Contoh Gambar dan Desain Jasa Taman Kediri

pembuat taman kediri 72 desain taman kediri 41 desain taman kediri 42 desain taman kediri 43 desain taman kediri 44 desain taman kediri 45 desain taman kediri 46 desain taman kediri 47 desain taman kediri 48 desain taman kediri 49 desain taman kediri 50 Jasa Pembuatan Kolam Koi Kediri 61 Jasa Pembuatan Kolam Koi Kediri 62 Jasa Pembuatan Kolam Koi Kediri 63 Jasa Pembuatan Kolam Koi Kediri 64 Jasa Pembuatan Kolam Koi Kediri 65 Jasa Pembuatan Kolam Koi Kediri 66 Jasa Pembuatan Kolam Koi Kediri 67 Jasa Pembuatan Kolam Koi Kediri 68 Jasa Pembuatan Kolam Koi Kediri 69 Jasa Pembuatan Kolam Koi Kediri 70 jasa pembuatan taman kediri 11 jasa pembuatan taman kediri 12 jasa pembuatan taman kediri 13 jasa pembuatan taman kediri 14 jasa pembuatan taman kediri 15 jasa pembuatan taman kediri 16 jasa pembuatan taman kediri 17 jasa pembuatan taman kediri 18 jasa pembuatan taman kediri 19 jasa pembuatan taman kediri 20 Jasa Pembuatan Taman Minimalis di Kediri 51 Jasa Pembuatan Taman Minimalis di Kediri 52 Jasa Pembuatan Taman Minimalis di Kediri 53 Jasa Pembuatan Taman Minimalis di Kediri 54 Jasa Pembuatan Taman Minimalis di Kediri 55 Jasa Pembuatan Taman Minimalis di Kediri 56 Jasa Pembuatan Taman Minimalis di Kediri 57 Jasa Pembuatan Taman Minimalis di Kediri 58 Jasa Pembuatan Taman Minimalis di Kediri 59 Jasa Pembuatan Taman Minimalis di Kediri 60 Jasa pembuatan taman minimalis Kediri 91 Jasa pembuatan taman minimalis Kediri 92 Jasa pembuatan taman minimalis Kediri 93 Jasa pembuatan taman minimalis Kediri 94 Jasa pembuatan taman minimalis Kediri 95 Jasa pembuatan taman minimalis Kediri 97 Jasa pembuatan taman minimalis Kediri 98 Jasa pembuatan taman minimalis Kediri 99 Jasa pembuatan taman minimalis Kediri 100 Jasa Taman Kantor Kediri 81 Jasa Taman Kantor Kediri 82 Jasa Taman Kantor Kediri 83 Jasa Taman Kantor Kediri 84 Jasa Taman Kantor Kediri 85 Jasa Taman Kantor Kediri 86 Jasa Taman Kantor Kediri 87 Jasa Taman Kantor Kediri 88 Jasa Taman Kantor Kediri 89 Jasa Taman Kantor Kediri 90 jasa taman kediri 1 jasa taman kediri 2 jasa taman kediri 3 jasa taman kediri 4 jasa taman kediri 5 jasa taman kediri 6 jasa taman kediri 7 jasa taman kediri 8 jasa taman kediri 9 jasa taman kediri 10 kontraktor taman kediri 31 kontraktor taman kediri 32 kontraktor taman kediri 33 kontraktor taman kediri 34 kontraktor taman kediri 35 kontraktor taman kediri 36 kontraktor taman kediri 37 kontraktor taman kediri 38 kontraktor taman kediri 39 kontraktor taman kediri 40 pembuat taman kediri 71 pembuat taman kediri 73 pembuat taman kediri 74 pembuat taman kediri 75 pembuat taman kediri 76 pembuat taman kediri 77 pembuat taman kediri 78 pembuat taman kediri 79 pembuat taman kediri 80 taman hptel 96 tukang taman kediri 21 tukang taman kediri 22 tukang taman kediri 23 tukang taman kediri 24 tukang taman kediri 25 tukang taman kediri 26 tukang taman kediri 27 tukang taman kediri 28 tukang taman kediri 29 tukang taman kediri 30

 

Lokasi Jasa Taman di Kediri

%d bloggers like this: