7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 2024

Cari Jasa Pembuatan Taman landscape kantor terbaik? Hubungi PT Obaho Turdunga Berka 081249315002. Melayani Pembuatan dan Perawatan Taman Bergaransi. Konsultasi biaya, desain dan survey gratis. 

Obaho Kontraktor Jasa Pembuatan Taman

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia

Taman landscape kantor yang indah dan terawat dengan baik dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan. Oleh karena itu, banyak perusahaan mulai memperhatikan pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan menarik.

Desain Taman Kantor

Desain taman kantor merupakan salah satu cara untuk menciptakan suasana yang sehat dan menyenangkan di lingkungan kerja. Tidak hanya memberikan nilai estetika, taman kantor juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan para karyawan. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan desain taman kantor yang tepat agar dapat memberikan manfaat yang optimal.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 8

Pertama-tama, sebelum memulai desain taman kantor, perlu dipertimbangkan ukuran dan lokasi taman yang akan dibangun. Pastikan untuk memilih lokasi yang strategis dan dapat diakses oleh seluruh karyawan dengan mudah. Selain itu, ukuran taman juga perlu disesuaikan dengan ukuran kantor dan jumlah karyawan yang ada.

Setelah menentukan lokasi dan ukuran taman kantor, langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan desain taman yang tepat. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam desain taman kantor, seperti jenis tanaman yang akan digunakan, pola tanam, akses jalan, dan sebagainya. Pastikan untuk memilih tanaman yang cocok dengan kondisi iklim dan lingkungan sekitar. Pemilihan jenis tanaman juga dapat dipengaruhi oleh tema atau konsep yang ingin diterapkan pada taman kantor.

Selain mempertimbangkan faktor-faktor desain, juga penting untuk mempertimbangkan perawatan dan pemeliharaan taman kantor. Pastikan untuk memilih tanaman yang mudah dirawat dan dapat bertahan lama. Selain itu, perlu diatur jadwal perawatan secara rutin agar taman kantor selalu terjaga keindahannya dan memberikan manfaat optimal bagi karyawan.

Dalam desain taman kantor, juga dapat dipertimbangkan untuk menambahkan fasilitas seperti bangku, jalan setapak, atau tempat duduk lainnya. Fasilitas ini dapat memberikan kenyamanan bagi karyawan untuk bersantai dan melepas penat di tengah kesibukan kerja.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 7

Terakhir, promosi taman kantor juga perlu dipertimbangkan agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi karyawan. Pastikan untuk memasang informasi tentang manfaat taman kantor di area kantor, seperti di papan pengumuman atau melalui email kepada seluruh karyawan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor desain, perawatan, dan promosi, desain taman kantor dapat memberikan manfaat yang optimal bagi karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan menyenangkan. Dengan demikian, taman kantor dapat menjadi salah satu faktor pendukung produktivitas dan kesejahteraan karyawan di tempat kerja.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia

Lanskap kantor yang menarik dapat memberikan pengaruh positif pada kesejahteraan karyawan serta meningkatkan produktivitas mereka. Oleh karena itu, banyak perusahaan kini memperhatikan penataan taman landscape kantor di area kantor mereka. Berikut ini adalah tujuh taman landscape kantor terbaik di dunia yang dapat dijadikan inspirasi.

Facebook Menlo Park

Facebook Menlo Park memiliki taman landscape kantor seluas 9 hektar dengan pepohonan yang rimbun dan hamparan rumput yang hijau. Taman ini dilengkapi dengan jogging track dan area bersantai.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 4 1

Googleplex

Googleplex merupakan kantor pusat Google yang terletak di Mountain View, California. Taman landscape kantor ini memiliki tiga lapangan olahraga, kolam renang, dan area BBQ.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 1

Amazon Spheres

Amazon Spheres terletak di Seattle, Washington. Taman landscape kantor ini memiliki tiga kubah besar yang diisi dengan lebih dari 40.000 tanaman, termasuk 300 spesies dari 50 negara.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 2 1

Apple Park

Apple Park terletak di Cupertino, California. Taman landscape kantor ini terdiri dari hamparan rumput hijau, taman bunga, dan area bermain untuk anak-anak karyawan.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 3 1

Samsung Digital City

Samsung Digital City terletak di Suwon, Korea Selatan. Taman landscape kantor ini memiliki hamparan rumput yang hijau dan taman air yang indah.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 1 1

Pixar Animation Studios

Pixar Animation Studios terletak di Emeryville, California. Taman landscape kantor ini dilengkapi dengan kolam renang, area piknik, dan lapangan voli.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 6 1

Microsoft Headquarters

Microsoft Headquarters terletak di Redmond, Washington. Taman landscape kantor ini memiliki area bermain anak, lapangan basket, dan taman bermain dengan pepohonan rindang.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 5 1

Kesemua taman landscape kantor di atas memiliki desain yang menarik dan mengedepankan keseimbangan antara keindahan alam dan fungsi praktis untuk karyawan. Dengan mengimplementasikan taman landscape kantor yang baik, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang sehat, nyaman, dan produktif.

Ide Taman Kantor

Taman kantor merupakan salah satu elemen yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan di dalam lingkungan kerja. Taman Landscape kantor dapat menjadi tempat untuk menghilangkan stres dan memberikan kenyamanan bagi karyawan di dalam lingkungan kerja. Selain itu, taman kantor juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi karyawan yang bekerja dalam ruangan.

Membuat ide taman Landscape kantor yang kreatif dan unik dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi karyawan yang bekerja di lingkungan kantor. Salah satu ide yang dapat diimplementasikan adalah taman kantor berbasis vertikal. Taman kantor vertikal dapat dipasang pada dinding atau di dekat jendela, sehingga dapat memberikan manfaat yang sama seperti taman kantor biasa. Taman kantor vertikal dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kantor yang memiliki lahan yang terbatas atau tidak memungkinkan untuk membuat taman kantor biasa.

Selain itu, ide taman Landscape kantor yang menarik juga dapat dilengkapi dengan berbagai macam tanaman yang memiliki manfaat kesehatan bagi karyawan. Tanaman seperti aloe vera, lavender, dan bunga matahari dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan karyawan. Selain itu, penggunaan tanaman herbal seperti peppermint dan rosemary dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki mood.

Selain itu, ide taman Landscape kantor juga dapat diintegrasikan dengan teknologi modern. Penggunaan sistem irigasi otomatis dan lampu tumbuh LED dapat memberikan kemudahan dalam perawatan taman kantor. Sistem irigasi otomatis dapat memudahkan pengaturan penyiraman tanaman, sedangkan lampu tumbuh LED dapat membantu tanaman tumbuh dengan optimal meskipun tidak mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung.

Menempatkan taman kantor di dalam ruangan kantor dapat memberikan manfaat kesehatan dan meningkatkan produktivitas karyawan. Ide taman kantor yang kreatif dan unik dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi karyawan. Dengan mengimplementasikan ide taman kantor yang inovatif, kantor dapat menjadi tempat yang lebih produktif, kreatif, dan nyaman untuk bekerja.

Taman Kantor Modern

Taman Kantor Modern menjadi salah satu trend terkini di kalangan pengusaha dan karyawan yang mengutamakan kesehatan, kenyamanan, dan produktivitas dalam bekerja. Taman Kantor Modern merupakan area terbuka yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan. Dengan memiliki Taman Kantor Modern, perusahaan dapat menunjukkan bahwa mereka peduli terhadap kesejahteraan karyawan dan lingkungan sekitarnya.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 4

Taman Landscape Kantor Modern memiliki berbagai kelebihan yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan. Pertama, taman ini dapat membantu mengurangi stres dan kelelahan mental karyawan, sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Kedua, Taman Kantor Modern dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi, karena alam dan lingkungan hijau dapat merangsang pikiran dan ide-ide baru. Ketiga, Taman Kantor Modern juga dapat meningkatkan kesehatan karyawan, karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kualitas tidur.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 3

Desain Taman Kantor Modern dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan karakteristik kantor. Namun, ada beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam merancang Taman Kantor Modern. Pertama, taman harus memiliki akses mudah dan nyaman bagi karyawan. Kedua, taman harus memiliki berbagai jenis tanaman, termasuk pohon besar, semak, dan tanaman hias. Ketiga, taman harus dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti meja piknik, bangku, dan jalur berjalan. Keempat, taman harus dirancang agar mudah dirawat dan berkelanjutan.

Untuk memastikan Taman Kantor Modern dapat berfungsi dengan baik, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor. Pertama, Taman Kantor Modern harus dirancang untuk mengurangi suara bising dan polusi udara. Kedua, taman harus memiliki sistem irigasi yang efisien dan ramah lingkungan. Ketiga, taman harus dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang tepat agar tetap dapat digunakan pada malam hari.

Dalam merancang Taman Kantor Modern, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan arsitek dan ahli taman. Mereka dapat membantu perusahaan merancang taman yang sesuai dengan karakteristik kantor dan kebutuhan karyawan. Selain itu, perusahaan juga dapat mempertimbangkan untuk mengadakan program pelatihan dan sosialisasi tentang cara merawat taman kepada karyawan.

Dalam era digital seperti sekarang, di mana kebanyakan karyawan menghabiskan waktu di dalam ruangan, Taman Kantor Modern menjadi salah satu solusi yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan. Dengan memiliki Taman Kantor Modern, perusahaan dapat menunjukkan komitmen mereka terhadap kesejahteraan karyawan dan lingkungan sekitarnya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas karyawan dan citra perusahaan.

Taman Kantor Minimalis

Taman kantor minimalis menjadi tren baru bagi perusahaan-perusahaan modern yang ingin memberikan suasana alam yang sehat dan nyaman bagi karyawan mereka. Tidak hanya memberikan suasana yang segar dan asri, taman kantor minimalis juga memberikan manfaat untuk kesehatan karyawan dan meningkatkan produktivitas kerja.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 6

Taman kantor minimalis dapat dibangun dengan berbagai macam bentuk dan konsep, tergantung pada kebutuhan dan konsep perusahaan tersebut. Taman kantor minimalis dapat dibuat dengan bahan-bahan alami seperti batu, kayu, atau tanaman hijau, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan asri.

Konsep taman kantor minimalis umumnya mengutamakan minimalisme dalam desain dan penggunaan bahan. Desain taman yang sederhana, dengan bentuk yang minimalis, dan penggunaan tanaman hijau yang serba sederhana dan tidak rumit, menjadi ciri khas dari konsep taman kantor minimalis.

Keuntungan lain dari taman kantor minimalis adalah memberikan keuntungan untuk kesehatan dan kesejahteraan karyawan. Taman kantor minimalis dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood karyawan, sehingga meningkatkan produktivitas kerja mereka. Selain itu, udara yang bersih dan segar dari taman kantor minimalis juga dapat meningkatkan kualitas udara di kantor, sehingga mengurangi risiko sakit dan meningkatkan kesehatan karyawan.

7 Taman Landscape Kantor Terbaik di Dunia 5

Taman kantor minimalis juga dapat menjadi nilai tambah untuk perusahaan dalam hal branding dan citra perusahaan. Perusahaan yang memiliki taman kantor minimalis yang indah dan terawat dengan baik, dapat memberikan kesan positif bagi karyawan dan juga pelanggan mereka.

Bagi perusahaan yang ingin memiliki taman kantor minimalis, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti lokasi, ukuran taman, jenis tanaman yang akan ditanam, serta biaya pembangunan dan perawatan taman tersebut.

Dalam hal optimasi SEO, penting untuk memperhatikan kata kunci yang tepat dan konten yang berkualitas untuk meningkatkan peringkat di SERP Google. Dengan konten yang baik dan berkualitas serta optimasi kata kunci yang tepat, taman kantor minimalis bisa menduduki posisi nomor satu di Google SERP dan menjadi lebih dikenal luas.

Konsep Taman Kantor

Taman kantor adalah area terbuka yang dirancang untuk memberikan lingkungan yang lebih hijau dan segar bagi para pekerja. Konsep taman kantor dapat dianggap sebagai sebuah inovasi dalam desain kantor modern, dimana perusahaan memperhatikan pentingnya kesehatan dan produktivitas karyawan. Taman kantor dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dan karyawan, sehingga menjadi salah satu tren desain kantor terbaru yang harus dipertimbangkan.

Salah satu manfaat utama dari taman kantor adalah peningkatan produktivitas karyawan. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Exeter, diketahui bahwa taman kantor dapat meningkatkan produktivitas karyawan sebanyak 15%. Selain itu, taman kantor juga dapat mengurangi tingkat stres dan kelelahan, sehingga karyawan menjadi lebih bahagia dan sehat.

Tidak hanya itu, taman kantor juga dapat membantu dalam menjaga lingkungan kerja yang lebih bersih dan sehat. Tanaman dapat menyerap polutan dan zat kimia berbahaya dalam udara, sehingga membuat kualitas udara di kantor menjadi lebih baik. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit pernapasan dan alergi bagi karyawan, sehingga karyawan menjadi lebih sehat dan produktif.

Konsep taman kantor juga memberikan manfaat bagi lingkungan secara keseluruhan. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh PBB, diketahui bahwa taman kantor dapat membantu dalam menjaga keanekaragaman hayati dan mengurangi dampak pemanasan global. Taman kantor dapat memberikan tempat bagi tanaman dan hewan liar, sehingga dapat meningkatkan kualitas lingkungan di sekitarnya.

Dalam menerapkan konsep taman kantor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, taman kantor harus dirancang dengan baik agar dapat memaksimalkan manfaatnya bagi karyawan. Kedua, perlu diperhatikan jenis tanaman yang cocok untuk taman kantor, seperti tanaman hias atau tanaman penghasil oksigen. Terakhir, perusahaan harus menyediakan anggaran yang cukup untuk merawat dan memelihara taman kantor, sehingga tetap terjaga keindahan dan manfaatnya.

Dalam kesimpulan, konsep taman kantor merupakan inovasi dalam desain kantor modern yang dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dan karyawan. Dengan meningkatkan produktivitas, kesehatan, dan lingkungan kerja yang lebih bersih dan sehat, taman kantor dapat menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kualitas hidup dan kerja karyawan.

Taman Kantor Hijau

Taman Kantor Hijau, atau Green Office Park, adalah sebuah konsep yang baru-baru ini semakin populer di kalangan pengembang properti dan perusahaan. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan kantor yang lebih ramah lingkungan dengan menambahkan elemen-elemen hijau seperti taman, taman indoor, dan taman atap.

Konsep ini muncul sebagai upaya untuk mengurangi dampak negatif dari bangunan perkantoran terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Dalam perkembangannya, taman kantor hijau dianggap mampu meningkatkan produktivitas kerja, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan para karyawan.

Dalam pembangunan taman kantor hijau, pilihan jenis tanaman yang tepat sangatlah penting. Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk taman kantor hijau antara lain peace lily, palem, dan sansevieria. Tanaman-tanaman ini dianggap mampu membersihkan udara dari polutan dan memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan kantor.

Selain itu, taman kantor hijau juga memperhatikan penggunaan energi dan air yang efisien. Pemasangan panel surya dan penggunaan sistem irigasi yang hemat air adalah beberapa contoh solusi yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan ini.

Salah satu contoh taman kantor hijau yang sukses adalah Green Office Park 6 di BSD City, Tangerang. Taman kantor hijau ini mencakup luas lebih dari 3 hektar dan menampilkan berbagai macam jenis tanaman dan air terjun yang indah. Selain itu, Green Office Park 6 juga menggunakan sistem manajemen energi dan air yang terintegrasi untuk memastikan efisiensi penggunaan sumber daya.

Dengan semakin berkembangnya kesadaran tentang pentingnya lingkungan dan kesehatan manusia, tidak mengherankan jika konsep taman kantor hijau semakin diminati dan banyak diterapkan di berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini tentu saja akan membawa dampak positif bagi lingkungan, kesehatan manusia, dan produktivitas kerja para karyawan.

Inspirasi Taman Kantor

Taman kantor adalah tempat yang penting bagi karyawan untuk bersantai dan mendapatkan inspirasi. Taman kantor yang indah dan terawat dengan baik dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas karyawan. Berikut adalah beberapa inspirasi untuk taman kantor yang dapat membuat taman kantor Anda menjadi nomor satu di Google SERP.

  1. Pilih tanaman yang tepat

Pemilihan tanaman yang tepat sangat penting dalam merancang taman kantor. Tanaman yang hijau dan segar seperti pohon karet, pohon pinus, dan pohon kelapa dapat memberikan efek relaksasi dan meningkatkan suasana di sekitar taman kantor. Selain itu, tanaman hias seperti anggrek, lily, dan bougenville juga dapat menambah keindahan taman.

  1. Tambahkan air terjun kecil

Air terjun kecil dapat menambahkan nilai estetika taman kantor dan memberikan suara air yang menenangkan. Air terjun kecil dapat diintegrasikan dengan kolam atau tangki air untuk menjaga keseimbangan kelembaban di sekitar taman kantor.

  1. Desain taman kantor dengan tema yang konsisten

Desain taman kantor dengan tema yang konsisten dapat menciptakan suasana yang harmonis dan menenangkan. Tema taman kantor dapat dipilih sesuai dengan gaya arsitektur kantor atau dengan memilih tema alam seperti taman tropis atau taman kering.

  1. Tambahkan tempat duduk yang nyaman

Tempat duduk yang nyaman dapat membuat taman kantor lebih berfungsi sebagai tempat bersantai dan refleksi. Pilih kursi atau bangku yang nyaman dan tahan cuaca untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

  1. Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan yang tepat dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan menambah nilai estetika taman kantor. Pilih lampu taman yang cocok dengan tema taman dan juga dapat memperbaiki pencahayaan di sekitar kantor.

  1. Tambahkan patung atau instalasi seni

Patung atau instalasi seni dapat menjadi pusat perhatian di taman kantor dan memberikan nilai tambah pada estetika taman. Pilih patung atau instalasi seni yang menarik dan sesuai dengan tema taman kantor.

  1. Perhatikan perawatan dan pemeliharaan

Perawatan dan pemeliharaan taman kantor yang baik sangat penting untuk menjaga taman tetap indah dan fungsional. Pastikan tanaman terawat dengan baik dan kolam atau tangki air selalu bersih untuk menghindari pertumbuhan lumut dan jamur.

Dengan mengikuti inspirasi ini, taman kantor Anda dapat menjadi tempat yang indah dan menenangkan. Jangan lupa untuk merawat dan memelihara taman kantor Anda dengan baik untuk menjaga keindahannya.

Taman Kantor yang Menenangkan

Taman kantor yang menenangkan merupakan area hijau atau ruang terbuka di dalam kompleks kantor yang dirancang khusus untuk memberikan ketenangan bagi karyawan. Selain berfungsi sebagai tempat istirahat, taman kantor yang menenangkan juga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan.

Ruang terbuka hijau telah terbukti efektif dalam mengurangi stres, memperbaiki kesehatan mental, dan meningkatkan kreativitas. Hal ini terutama penting di lingkungan kantor yang seringkali diwarnai dengan tekanan dan deadline yang ketat. Sebuah taman kantor yang menenangkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi hal ini.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari taman kantor yang menenangkan antara lain:

  1. Mengurangi Stres Melihat hijau dan mendengarkan suara air dapat membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres. Hal ini berdampak pada peningkatan konsentrasi dan fokus kerja, sehingga karyawan dapat bekerja lebih efektif.
  2. Meningkatkan Kreativitas Melihat pemandangan alam yang indah dapat membantu memperbaiki mood dan menginspirasi karyawan untuk berpikir kreatif. Karyawan yang lebih kreatif cenderung lebih inovatif dan dapat memberikan solusi yang lebih baik untuk masalah yang dihadapi.
  3. Menjaga Kesehatan Mental Menghabiskan waktu di luar ruangan dapat membantu mencegah terjadinya burnout atau kelelahan fisik dan mental. Dengan memiliki taman Landscape kantor yang menenangkan, karyawan dapat merasa lebih segar dan bugar, sehingga kinerja mereka dapat meningkat.
  4. Meningkatkan Kualitas Udara Taman Landscape kantor yang menenangkan juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar kantor. Tanaman dapat membantu menyerap polutan dan melepaskan oksigen, sehingga udara yang dihirup menjadi lebih segar dan bersih.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika taman Landscape kantor yang menenangkan semakin populer di kalangan perusahaan. Saat ini, banyak perusahaan yang membangun taman Landscape kantor yang menenangkan sebagai salah satu fasilitas kantor yang ditawarkan kepada karyawannya. Taman Landscape kantor yang menenangkan biasanya dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti bangku, pohon, dan air terjun kecil.

Sebagai kesimpulan, taman Landscape kantor yang menenangkan bukan hanya menjadi tempat untuk bersantai, tetapi juga dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan dan produktivitas karyawan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan untuk membangun taman kantor yang menenangkan di dalam kompleks kantor mereka. Hal ini akan memperlihatkan perhatian perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan dan dapat meningkatkan kinerja karyawan secara keseluruhan.

%d bloggers like this: