5 Fungsi Ruang Terbuka Hijau Di Perkotaan 2024

Cari Kontraktor Ruang Terbuka Hijau? Hubungi PT Obaho Turdunga Berka 08113035003. Melayani Pengadaan Fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bergaransi. Konsultasi biaya, desain dan survey gratis. 

Obaho Kontraktor Jasa Pembuatan Taman


Fungsi Ruang terbuka hijau adalah area yang terdiri dari taman, taman kota, lapangan terbuka, dan lainnya yang bertujuan untuk memberikan keseimbangan dan keindahan di kawasan tersebut.

Anda Butuh Konsultan Ruang Terbuka Hijau? Hubungi kami untuk Info dan Penawaran

Jasa Taman

 

fungsi ruang terbuka hijau di perkotaan fungsi ruang terbuka hijau di perkotaan fungsi ruang terbuka hijau di perkotaan fungsi ruang terbuka hijau di perkotaan fungsi ruang terbuka hijau di perkotaan fungsi ruang terbuka hijau di perkotaan fungsi ruang terbuka hijau di perkotaan fungsi ruang terbuka hijau di perkotaan fungsi ruang terbuka hijau di perkotaan

Fungsi Ruang Terbuka Hijau di Perkotaan

Fungsi utama dari ruang terbuka hijau adalah:

  1. Sebagai tempat rekreasi dan hiburan Ruang terbuka hijau memberikan tempat untuk bermain, berolahraga, atau bersantai bagi masyarakat. Ini bisa menjadi tempat yang ideal untuk berkumpul bersama keluarga atau teman-teman, sambil menikmati pemandangan alam yang indah.
  2. Menjadi penyerap polusi udara Taman dan lapangan terbuka dapat menyerap polusi udara, sehingga memberikan udara yang segar untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
  3. Memperindah lingkungan Ruang terbuka hijau memberikan estetika tambahan bagi kawasan sekitarnya. Taman dan lapangan terbuka yang indah dapat menjadikan kawasan terlihat lebih hijau dan sejuk, serta memberikan nuansa yang indah bagi pemandangan.
  4. Sebagai penghasil oksigen Taman dan lapangan terbuka dapat menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen ini merupakan sumber utama kelangsungan hidup bagi seluruh organisme di Bumi.
  5. Menjadi habitat bagi hewan dan tumbuhan Ruang terbuka hijau juga menjadi habitat bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Ini merupakan tempat yang ideal bagi keberlangsungan hidup bagi hewan dan tumbuhan yang tinggal di sana.

“Ruang terbuka hijau bukan hanya tempat untuk bersantai dan berekreasi, tetapi juga merupakan paru-paru kota yang membantu menjaga kesehatan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup warga kota.”

Fungsi Ruang Terbuka Hijau 1

Fungsi RTH Menurut Permen 2022

Penyediaan dan pemanfaatan RTH mempertimbangkan aspek fungsi:

    • ekologis;
    • resapan air;
    • ekonomi;
    • sosial budaya;
    • estetika; dan
    • penanggulangan bencana.

Fungsi Ruang Terbuka Hijau ekologis

    1. penghasil oksigen;
    2. bagian paru-paru kota;
    3. pengatur iklim mikro;
    4. peneduh;
    5. penyerap air hujan;
    6. penyedia habitat vegetasi dan satwa;
    7. penyerap dan penjerap polusi udara, polusi air, dan polusi tanah;
    8. penahan angin; dan/atau
    9. peredam kebisingan.

Jasa Taman

Fungsi Ruang Terbuka Hijau resapan air meliputi:

    1. area penyedia resapan air;
    2. area penyedia pengisian air tanah; dan/atau
    3. pengendali banjir.

Fungsi Ruang Terbuka Hijau ekonomi meliputi:

    1. pemberi jaminan peningkatan nilai tanah;
    2. pemberi nilai tambah lingkungan kota; dan/atau
    3. penyedia ruang produksi pertanian, perkebunan, kehutanan, dan/atau wisata alam.

Fungsi Ruang Terbuka Hijau di perkotaan sosial budaya meliputi:

    1. pemertahanan aspek historis;
    2. penyedia ruang interaksi masyarakat;
    3. penyedia ruang kegiatan rekreasi dan olahraga;
    4. penyedia ruang ekspresi budaya;
    5. penyedia ruang kreativitas dan produktivitas;
    6. penyedia ruang dan objek pendidikan, penelitian, dan pelatihan; dan/atau
    7. penyedia ruang pendukung kesehatan.

Fungsi Ruang Terbuka Hijau di Perkotaan estetika meliputi:

    1. peningkat kenyamanan lingkungan;
    2. peningkat keindahan lingkungan dan lanskap kota secara keseluruhan;
    3. pembentuk identitas elemen kota; dan/atau
    4. pencipta suasana serasi dan seimbang antara area terbangun dan tidak terbangun.

Fungsi Ruang Terbuka Hijau di Perkotaan penanggulangan bencana meliputi:

    1. pengurangan risiko bencana;
    2. penyedia ruang evakuasi bencana; dan/atau
    3. penyedia ruang pemulihan pascabencana.

Fungsi Ruang Terbuka Hijau 2

Manfaat Ruang Terbuka Hijau

Manfaat RTH berdasarkan fungsinya dibagi atas :
Manfaat langsung (dalam pengertian cepat dan bersifat tangible), yaitu membentuk keindahan dan kenyamanan (teduh, segar, sejuk) dan menghasilkan untuk dijual (kayu, daun, bunga, buah);

Manfaat tidak langsung (berjangka panjang dan bersifat intangible), yaitu pembersih udara, pemeliharaan kelangsungan persediaan air tanah, pelestarian fungsi lingkungan beserta flora dan fauna yang ada (konservasi hayati atau keanekaragaman hayati). 

Berikut ini adalah 5 manfaat ruang terbuka hijau di perkotaan yang perlu Anda ketahui:

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Ruang terbuka hijau dapat membantu menjaga kesehatan mental. Sebuah studi menunjukkan bahwa keberadaan taman atau area hijau lainnya di lingkungan perkotaan dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan pada manusia. Selain itu, ruang terbuka hijau juga dapat memberikan tempat bagi orang untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, mengurangi rasa kesepian, dan meningkatkan kualitas hidup.

  1. Menjaga Kualitas Udara

Ruang terbuka hijau dapat membantu menjaga kualitas udara di lingkungan perkotaan. Tanaman dan pepohonan yang tumbuh di area hijau dapat menyerap polutan dan menghasilkan oksigen yang membantu menjaga kualitas udara yang lebih baik. Dengan adanya ruang terbuka hijau, dapat membantu mencegah terjadinya efek buruk dari polusi udara pada kesehatan manusia.

  1. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Ruang terbuka hijau juga dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keberadaan taman dan area hijau lainnya dapat meningkatkan aktivitas fisik manusia, seperti berjalan, berlari, atau bersepeda. Dengan lebih banyak orang yang aktif, dapat membantu mencegah terjadinya obesitas dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kurangnya aktivitas fisik.

  1. Mengurangi Efek Urban Heat Island

Ruang terbuka hijau dapat membantu mengurangi efek urban heat island di lingkungan perkotaan. Efek urban heat island terjadi ketika kota-kota besar menjadi lebih panas dari area sekitarnya karena aktivitas manusia. Dengan adanya area hijau, dapat membantu menyerap sinar matahari dan mengurangi suhu di lingkungan sekitarnya.

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup

Ruang terbuka hijau juga dapat meningkatkan kualitas hidup di lingkungan perkotaan. Keberadaan area hijau dapat memberikan tempat untuk bersantai dan berekreasi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.

Selain itu, Fungsi Ruang Terbuka Hijau juga dapat meningkatkan nilai estetika lingkungan perkotaan, sehingga dapat meningkatkan rasa bangga dan kebersamaan di antara warga kota.

Jasa Taman

Fungsi Ruang Terbuka Hijau di Perkotaan Secara Umum

Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah area di perkotaan yang terdiri dari taman, hutan kota, taman kota, dan tempat lain yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat dalam kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan kegiatan sosial. Fungsi RTH di perkotaan menurut peraturan pemerintah meliputi:

  • Meningkatkan kualitas lingkungan perkotaan Fungsi Ruang Terbuka Hijau untuk menyediakan area terbuka yang dapat mengurangi polusi udara dan suara serta memperbaiki kualitas air tanah. Selain itu, RTH juga dapat membantu mengurangi suhu udara yang tinggi akibat urbanisasi.
  • Meningkatkan kesehatan masyarakat RTH berfungsi sebagai tempat untuk berolahraga dan rekreasi, yang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental masyarakat. Selain itu, Fungsi Ruang Terbuka Hijau juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit akibat polusi udara dan suara.
  • Meningkatkan keindahan dan estetika kota Fungsi Ruang Terbuka Hijau sebagai tempat yang menyejukkan dan dapat meningkatkan estetika kota. Kehadiran RTH juga dapat memberikan kesan alami pada kota yang cenderung padat dan bercampur dengan bangunan-bangunan.
  • Meningkatkan daya tarik ekonomi RTH dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Hal ini dapat berdampak positif pada sektor ekonomi kota, seperti usaha kuliner, souvenir, dan jasa pariwisata.
  • Mengurangi risiko bencana alam RTH berfungsi sebagai penyerap air hujan dan mengurangi risiko banjir serta longsor pada kota. Selain itu, RTH juga dapat berfungsi sebagai ruang penyangga bagi masyarakat saat terjadi bencana alam.

Dalam peraturan pemerintah, Fungsi Ruang Terbuka Hijau sangat penting sebagai bagian dari upaya menjaga kualitas lingkungan perkotaan serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah juga memberikan regulasi terkait pengembangan RTH di setiap kota dan memastikan keberadaannya dapat diakses oleh masyarakat.

fungsi ruang terbuka hijau di perkotaan

Cara membuat Desain RTH di Perkotaan

Membuat desain ruang terbuka hijau di perkotaan memerlukan perencanaan dan pemikiran yang matang. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  1. Identifikasi lokasi yang tepat: Identifikasi lokasi yang cocok untuk membuat ruang terbuka hijau, seperti taman kota, halaman kosong di depan bangunan, atau lahan kosong yang dapat diubah menjadi taman.
  2. Buat rencana: Buat rencana yang matang dan terperinci tentang bagaimana taman tersebut akan dibuat, seperti ukuran taman, tanaman apa yang akan ditanam, fasilitas apa yang akan disediakan, dan lain-lain.
  3. Pilih tanaman yang tepat: Pilih jenis tanaman yang cocok untuk taman kota, seperti pohon kota, tanaman yang tahan polusi, dan tanaman yang mudah dirawat. Pertimbangkan juga faktor ketersediaan air dan sinar matahari.
  4. Desain dengan baik: Desainlah taman dengan baik, termasuk penempatan tanaman dan fasilitas seperti bangku, tempat sampah, dan area bermain. Pertimbangkan juga aksesibilitas bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik.
  5. Gunakan teknologi hijau: Gunakan teknologi hijau seperti penangkap air hujan dan sistem irigasi otomatis yang hemat air untuk menjaga taman tetap sehat dan lestari.
  6. Promosikan taman: Promosikan taman kepada masyarakat setempat dan turut melibatkan mereka dalam perawatan taman. Buatlah kegiatan yang memungkinkan orang-orang untuk mengunjungi taman dan menikmati fasilitas yang disediakan.
  7. Perawatan: Pastikan taman selalu terawat dengan baik dengan memberikan perawatan rutin seperti penyiraman, pemupukan, pemangkasan, dan pembersihan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat membuat desain ruang terbuka hijau yang baik di perkotaan dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya serta kesejahteraan masyarakat.

Fungsi RTH di Perkotaan

Fungsi RTH di perkotaan tidak hanya sebagai tempat rekreasi dan kegiatan sosial, tetapi juga memiliki manfaat ekologis. RTH berfungsi sebagai tempat penyimpanan air, menangkap dan menyimpan karbon, dan menjaga keanekaragaman hayati.

RTH juga berfungsi untuk mengurangi efek panas kota dan meningkatkan kualitas udara. Pohon dan tanaman yang ditanam di RTH dapat menyerap polutan dan gas rumah kaca dari udara dan menghasilkan oksigen.

RTH di perkotaan juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik masyarakat. Studi menunjukkan bahwa akses ke RTH dapat mengurangi stres, meningkatkan kebugaran fisik, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Pengadaan Ruang Terbuka Hijau di Perkotaan

Pengadaan RTH di perkotaan dapat dilakukan melalui beberapa cara, antara lain dengan:

Pengembangan Taman Kota

Taman kota merupakan salah satu bentuk RTH di perkotaan yang paling umum. Taman kota dapat dijadikan tempat rekreasi dan kegiatan sosial masyarakat. Selain itu, taman kota juga berfungsi sebagai tempat penyerap polutan dan menangkap karbon.

Pelestarian Hutan Kota

Hutan kota berfungsi sebagai penyangga lingkungan perkotaan dan menyediakan ruang terbuka hijau yang lebih luas. Pelestarian hutan kota dapat dilakukan dengan menanam lebih banyak pohon dan menjaga keanekaragaman hayati di dalamnya.

Pembangunan Jalur Hijau

Jalur hijau adalah area hijau yang memanjang di sepanjang jalan atau jalan tol. Jalur hijau berfungsi untuk menyejukkan udara di sekitar jalan dan mengurangi polusi udara. Jalur hijau juga dapat digunakan untuk kegiatan rekreasi seperti bersepeda dan jogging.

Penanaman Pohon di Pinggir Jalan

Penanaman pohon di pinggir jalan berfungsi untuk menyejukkan udara, menyerap polutan dan gas rumah kaca, serta memperindah lingkungan perkotaan. Penanaman pohon dapat dilakukan di tempat-tempat strategis seperti pinggir jalan, taman kota, dan area publik lainnya.

RTH adalah Penting untuk Lingkungan Perkotaan

RTH adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan perkotaan. Dengan pengadaan RTH yang memadai, lingkungan perkotaan dapat lebih sehat dan lestari. RTH juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menjadi tempat rekreasi dan kegiatan sosial yang menyenangkan.

Keuntungan Fungsi RTH dan Ruang Terbuka Hijau di Perkotaan

Pengadaan RTH di perkotaan memiliki beberapa keuntungan yang sangat penting, antara lain:

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Pengadaan RTH di perkotaan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. RTH dapat dijadikan tempat rekreasi dan kegiatan sosial yang menyenangkan. Selain itu, akses ke RTH dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

  1. Menjaga Keseimbangan Lingkungan

RTH berfungsi untuk menjaga keseimbangan lingkungan perkotaan. RTH dapat menyerap polutan dan gas rumah kaca dari udara, menangkap dan menyimpan karbon, serta menjaga keanekaragaman hayati.

  1. Mengurangi Efek Panas Kota

RTH dapat mengurangi efek panas kota dengan menyejukkan udara di sekitarnya. Tanaman yang ditanam di RTH dapat menyerap panas dan menjaga suhu udara yang lebih sejuk.

  1. Meningkatkan Kualitas Udara

RTH juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas udara di perkotaan. Pohon dan tanaman yang ditanam di RTH dapat menyerap polutan dan gas rumah kaca dari udara dan menghasilkan oksigen.

  1. Menjaga Kestabilan Sungai dan Drainase

RTH juga berfungsi untuk menjaga kestabilan sungai dan drainase. Tanah yang terlindungi oleh RTH dapat menyerap dan menyimpan air, sehingga dapat mengurangi risiko banjir.

RTH Adalah Investasi Jangka Panjang

Pengadaan RTH di perkotaan bukanlah sekedar pengeluaran, tetapi merupakan investasi jangka panjang. RTH yang dikelola dengan baik dapat memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya. Investasi dalam pengadaan RTH dapat menghasilkan keuntungan jangka panjang dalam bentuk kesehatan dan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik, serta lingkungan yang lebih lestari.

Konsep RTH harus terus dipertahankan dan dikembangkan agar keberadaannya dapat memberikan manfaat maksimal bagi lingkungan dan masyarakat. Pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta dapat bekerjasama untuk meningkatkan pengadaan dan pengelolaan RTH di perkotaan.

Kesimpulan

RTH dan ruang terbuka hijau di perkotaan memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat rekreasi dan kegiatan sosial. Pengadaan RTH di perkotaan dapat dilakukan melalui pengembangan taman kota, pelestarian hutan kota, pembangunan jalur hijau, dan penanaman pohon di pinggir jalan.

RTH dan ruang terbuka hijau di perkotaan juga memiliki banyak keuntungan, antara lain meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menjaga keseimbangan lingkungan, mengurangi efek panas kota, meningkatkan kualitas udara, dan menjaga kestabilan sungai dan drainase. RTH adalah investasi jangka panjang yang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta perlu bekerja sama untuk meningkatkan pengadaan dan pengelolaan RTH di perkotaan. Selain itu, penting untuk memahami bahwa RTH bukan sekedar pengeluaran, tetapi merupakan investasi jangka panjang yang dapat memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Dalam pengembangan RTH di perkotaan, perlu diperhatikan juga aspek keberlanjutan. RTH harus dikelola dengan baik agar dapat terus memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat. Selain itu, perlu dilakukan juga upaya pengendalian penggunaan lahan agar tidak merusak RTH yang sudah ada.

Pengadaan RTH dan ruang terbuka hijau di perkotaan adalah sebuah tantangan yang besar, namun hal tersebut merupakan kebutuhan yang sangat penting. Dengan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta, serta dengan adanya pengelolaan yang baik dan berkelanjutan, keberadaan RTH dan ruang terbuka hijau di perkotaan dapat terus memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Area Fungsi RTH

Indonesia, Banda Aceh, Medan, Palembang, Padang, Bengkulu, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Jambi, Bandar Lampung, Pangkal Pinang, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Samarinda, Pontianak, Palangka Raya, Banjarbaru, Tanjung Selor, Denpasar, Kupang, Mataram, Gorontalo, Mamuju, Palu, Manado, Kendari, Makassar, Sofifi, Ambon, Manokwari, Jayapura, Merauke, Nabire, Jayawijaya, Sorong

%d bloggers like this: