Taman Depan Rumah Lahan Luas 2024

Membuat Taman Depan Rumah Lahan Luas membutuhkan arsitektur yang cukup kompleks. Ada Beberapa tahapan untuk membuat taman depan rumah dengan ukuran lahan yang cukup luas.

Anda Butuh Pembuatan Taman Landscape? Hubungi Kami

Jasa Taman

Tahapan Pembuatan Taman Depan Rumah Lahan Luas

Untuk membuat taman depan rumah lahan luas, dibutuhkan persiapan yang cukup panjang dan detail meliputi :

  1. Gambar Desain Arsitektur
  2. Persiapan Saluran Air dan Listrik
  3. Persiapan Media Tanam dan Batu Alam
  4. Estetika Taman
  5. Persiapan Tanaman Besar, Sedang, Kecil dan Rumput
  6. Penanaman Tanaman dari besar sampai rumput
  7. Perawatan Taman sampai hidup sehat

taman depan rumah lahan luas taman depan rumah lahan luas taman depan rumah lahan luas taman depan rumah lahan luas taman depan rumah lahan luas

Desain Arsitektur Taman Depan Rumah Lahan Luas

taman depan rumah lahan luas

Arsitektur desain taman depan rumah halaman luas cukup rumit. Tidak hanya tampak dari luar saja. Tetapi juga memperhitungkan lokasi saluran air, saluran listrik, resapan dan pondasi tanah untuk kolam, bangunan gazebo maupun unsur keras lainnya (tiang lampu, pergola dll).

Arsitektur taman depan lahan luas juga menentukan gaya dari taman itu sendiri. Ada Beberapa gaya taman depan rumah lahan luas diantaranya :

  1. Gaya Taman Minimalis : Menurut fungsi minimalis
  2. Gaya Campursari : Gaya campuran dari taman bunga, tanaman keras dan tanaman buah
  3. Gaya Taman Bunga : Terdiri dari berbagai macam bunga
  4. Gaya Apik Resik : Tertata rapi sampai perawatan
  5. Gaya Natural : Sungai, air terjun, hutan buatan
  6. Gaya Mediterania : didominasi pot besar dan batuan alam
  7. Gaya Taman Sari : Taman kastil, Istana eropa menganut sistem taman sari.

Persiapan Saluran Air dan Listrik

Persiapan saluran air dan listrik taman depan lahan luas harus direncanakan dengan cermat agar tidak mengganggu proses pembuatan taman. Saluran air dan listrik juga berperan penting untuk perawatan taman maupun teknik pencahayaan.

Untuk Kolam Renang maupun kolam koi, saluran taman depan rumah halaman luas juga membutuhkan perencanaan yang terperinci.

saluran air dan listrik taman depan lahan luas saluran air dan listrik taman depan lahan luas

Ada 3 Jenis yang harus direncanakan yaitu :

Pembuatan Drainase

Drainase( sistem penyerapan air) yang berperan baik ialah dini dari kesuburan tumbuhan– tumbuhan halaman. Tanah yang cenderung senantiasa basah cenderung menimbulkan pangkal– pangkal tumbuhan kilat membusuk.

Sebaliknya tanah yang kering cenderung kurang mempunyai faktor– faktor hara sehingga tumbuhan tidak bisa berkembang dengan baik.

Pemasangan Instalasi Air Listrik

Pemasangan instalasi air digunakan buat mensterilkan dedaunan di tumbuhan yang besar serta menyiram tumbuhan– tumbuhan disekitarnya. Pipa air hendaknya dipasang melekat pada tembok serta diatur sedemikian rupa supaya tidak mengusik panorama alam.

Sama halnya dengan saluran air, instalasi listrik idealnya dipasang saat sebelum penanaman dengan memastikan letak lampu halaman yang sudah direncanakan,

letak sakelar yang bisa terlindung dari percikan air kala penyiraman ataupun hujan, serta jaringan kabel yang hendak ditanam supaya tidak terinjak.

Pembuatan Pori Resapan

Untuk taman depan rumah lahan luas yang dilengkapi kolam renang, tentu cukup rumit.

Biopori merupakan lubang– lubang di dalam tanah yang tercipta akibat bermacam kegiatan organisme didalamnya semacam cacing, perakaran tumbuhan, rayap serta fauna tanah yang lain.

Lubang– lubang yang tercipta hendak terisi hawa serta hendak jadi tempat berlalunya air di dalam tanah.

Lubang resapan biopori merupakan teknologi pas guna serta ramah area buat menanggulangi banjir dengan metode:

  1. Tingkatkan energi resapan air;
  2. Mengganti sampah orgaik jadi kompos serta kurangi emisi gas rumah cermin;
  3. Menggunakan kedudukan aktifvitas fauna tanah serta pangkal tumbuhan;
  4. Menanggulangi permasalahan yang ditimbulkan oleh genangan air semacam penyakit demam berdarah serta malaria.

Persiapan Media Tanam dan Batu

Media tanam ialah elemen berarti yang digunakan buat melakukan kehidupan bibit tumbuhan maupun bibit bunga pada halaman rumah Kamu. Unsur- unsur yang tercantum didalamnya sangat bermanfaat buat pertumbuhan organ- organ tumbuhan.

media tanam taman depan lahan luas

Media tanam taman depan lahan luas bukan cuma tentang tumbuhan yang ditanam didalam wadah pot saja, melainkan buat seluruh pertumbuhan serta perkembangan segala tumbuhan.

Media tanam yang baik buat tumbuhan ada faktor hara serta bahan mineral yang bisa cukupi kebutuhan tumbuhan. Yang mana media tanam yang baik banyak memiliki mikro organisme yang bermanfaat buat menguraikan bermacam unsur- unsur yang terdapat pada media tanam,

batu taman depan lahan luas

sehingga media tanam bisa diserap oleh bagian pangkal. Oleh sebab itu, Arsitur hendak merekomendasikan sebagian media tanam yang biasa digunakan untuk taman depan lahan luas.

Estetika Taman Depan Rumah Lahan Luas

Ada 3 jenis estetika Taman depan rumah lahan luas yaitu :

Elemen Keras : Gazebo, Jalan Setapak, Pergola

Gazebo

Kata gazebo berasal dari bahasa inggris ialah dari kata to gaze yang maksudnya memandang dengan takjub. Gazebo berperan selaku tempat bersantai sembari menikmati keelokan suatu halaman.

Dimensi gazebo berkisar+ 2 x 2 meter buat menampung 4– 5 orang. Gazebo dapat memakai lantai ubin, bata merah, hanya plasteran semen yang dihias spesial dengan batu– batu kerikil, ataupun bisa pula dengan kayu.

Tiang penyanggah dapat diseleksi dari besi, kayu, ataupun bambu ataupun beton. Sebaliknya atapnya dapat berbentuk genteng, asbes, sirap, ijuk, daun kelapa kering, ataupun ilalang.

Jalan Setapak

Jalur setapak bisa berbentuk deretan batu lempeng yang ditata jadi batu loncatan serta bisa pula berbentuk jalur kecil yang ditaburi kerikil hias.

Guna jalur setapak dalam halaman merupakan buat tempat berpijak serta jalan pemisah antara 2 bagian halaman. Jalur setapak butuh dirancang matang lebih dahulu supaya jadi satu elemen yang sangat menarik serta menaikkan keelokan halaman.

Jalur setapak bisa terbuat dari batako, bata merah, ataupun keramik dengan tekstur agak agresif.

Pergola

Pergola berasal dari kata pergere ( bahasa Itali ) yang artinya berjalan atau melanjutkan, yang diwujudkan sebagai lorong panjang dan tembus pandang.

Pergola berfungsi sebagai peneduh pada taman sehingga menimbulkan kesan kokoh dari sebuah pintu gerbang atau pagar tembok. Pergola tidak selalu ditanami dirambati tanaman.

Pergola yang dibuat dari besi dan diberi cat anti karat jauh lebih kokoh dan tahan lama dibandingkan yang terbuat dari kayu. Ada desain pergola yang tidak menggunakan tiang melainkan menempel di dinding.

Tetapi bila menggunakan tiang perlu diperhatikan bentang pergola.

Contoh Taman Depan Rumah Lahan Luas

taman depan rumah lahan luas
taman depan rumah lahan luas

taman depan rumah lahan luas taman depan rumah lahan luas taman depan rumah lahan luas taman depan rumah lahan luas taman depan rumah lahan luas taman depan rumah lahan luas

Tahapan Membuat Taman Depan Rumah Lahan Luas

Membuat taman depan rumah dengan lahan yang luas adalah suatu hal yang menarik dan dapat menjadi proyek yang menyenangkan. Berikut adalah garis besar dan penjelasan tentang cara membuat taman depan rumah lahan luas:

  1. Rencanakan taman Anda: Mulailah dengan membuat rencana untuk taman depan Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran lahan, jenis tanaman yang ingin Anda tanam, dan desain umum yang Anda inginkan.
  2. Buat desain taman: Setelah Anda memiliki rencana dasar, buatlah desain taman yang lebih detail. Anda dapat menggambar desain taman Anda secara manual atau menggunakan program desain taman online.
  3. Buat jalur dan zona: Buatlah jalur yang jelas dan jangan lupa membuat zona yang berbeda di taman Anda, seperti zona bunga, zona pohon, zona duduk, dan sebagainya.
  4. Pertimbangkan tipe tanaman yang akan ditanam: Pilihlah jenis tanaman yang cocok untuk taman Anda, baik itu tanaman bunga, pohon, atau semak-semak. Pastikan Anda memilih tanaman yang sesuai dengan iklim dan kebutuhan taman Anda.
  5. Tambahkan elemen air: Jika memungkinkan, tambahkan elemen air seperti kolam ikan atau air terjun untuk meningkatkan suasana taman Anda.
  6. Tambahkan elemen dekoratif: Tambahkan elemen dekoratif seperti patung, bebatuan, atau furnitur taman untuk memberikan sentuhan personal pada taman Anda.
  7. Perawatan taman: Ingatlah bahwa perawatan taman juga merupakan bagian penting dari membuat taman depan rumah yang indah. Pastikan Anda merawat tanaman Anda secara teratur dan mempertahankan keindahan taman Anda sepanjang tahun.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat taman depan rumah yang indah dan menarik dengan lahan yang luas.

Jasa Taman

%d bloggers like this: